Kasti lagi




foto via @BaleBengong
foto via @BaleBengong

Kelas Asik Teknologi Informasi (Kasti) Bali Blogger Community (BBC), @Balebengong dan @SlokaInstitute akhirnya muncul lagi. Setelah mangkrak sekitar 2 tahun?

Sedang berlangsung di @Kumpulco, sebuah co-working space anyar di Sanur. Dua PNS berbagi gaya ngblog. Bli @pandebaik ternyata biasanya bikin 3 postingan dari satu peristiwa. Whattt? “Biasanya tulisan pertama tentang suasana, acaranya, lalu hal yang ditanyakan orang misalnya tips atau tutorial,” kata pria PNS Cipta Karya (dulunya Bina Marga) Kabupaten Badung ini kalem.

Pande baru ngblog 2006 dan sudah posting 2400. Tiap posting dikunjungi atau diklik 75-40 ribu page view. Yang paling rame diklik postingan tentang cara bermain rubik’s snake. “Bukan postingan penting, ini mainan anak saya,” ujarnya. Sebelum punya anak, Pande bisa posting tiap hari. Sekarang setelah punya anak posting seminggu sekali. Selama 3 tahun terakhir posting hanya lewat smartphone.

Nah, sekarang giliran @blogdokter yang mulai dirintis di blogdokter.blogspot.com. Karena alasan kurnag ciamik tampilannya pindah ke wordpress. “Tidak bisa handel trafik beli domain blogdokter.net,” katanya kalem juga. Kedua mentor Kasti kali ini kalem-kalem. Tapi berangasan di dunia maya.

Blogdokter yang bernama lengkap Dokter Made Cock Wirawan ngasi tips utama ngblog. “Konsisten posting, kalau lebih setahun tak ngblog jauh turun trafiknya sulit dikenali mesin pencari,” jelas PNS yang berkarir di unit tentara ini.

Seperti Pande, Dokter Made juga sudah diblok untuk google adsense karena banyak menulis dengan kata-kata yang dianggap mengandung konten pornografi. Padahal kalau nulis soal kesehatan ya pasti ada kata seks dan sejenisnya.

 

 

2 thoughts on “Kasti lagi”

  1. Kalo bukan gegara mas Anton dengan tagar AyoBlogWalking nya mungkin gak bakalan tahu kalo ada disebut sebut disini. he…
    tapi itu koreksi yah Bu… kerjanya di Cipta Karya Badung, yang dulunya di Bina Marga. Kalo digabung mungkin jadi membingungkan :p

    1. oke makasi ralatnya, om. warga badung yg mau jalan lingkungannya diperbaiki, kontak si om @pandebaik ini. bisa lewat twitter 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *