Anakku, Jangan Jadi Tukang IT ya




Ayah suka kalau Bani udah ngobrak-abrik PC, laptop, nyopot kabel-kabelnya. “Ntar jadi hacker ya,” serunya girang. Kini, setelah ngobrol ma isoul, aku gak terlalu girang dengan dunia IT yang boom itu.

Isoul yang kartunis dan desainer yahud itu cerita kalau dia nggak terlalu ngoyo juga ngayuh duit dari dunia IT. Padahal kesempatan dan bakatnya nyambung banget. Isoul bisa jadi salah satu figur masa depan dunia IT. Dia bisa nulis, mrogram, bikin kartun, ngdesain, utak atik html, dan sebangsanya.

Lebih okeh lagi, dia bisa mikir… Pokoknya kalau ada job berkaitan dengan desain, kartun, dummy media, dll, tindakan pertama adalah mencet no fleksinya. Sampai sejauh ini, hasil kerjanya tidak hanya membanggakanku seorang, tapi mayoritas orang lain yang menikmati karyanya.

Soal peluang di IT itu dia malah santai banget. “Aku sekarang nggak punya proyeksi macem2. Urus cartoonesia aja deh,” kata Isoul. “Kalau semua orang pengen kerja di IT, dapet duit dari sana, siapa yang bekerja di bidang lain?” lebih tenang lagi ucapannya.

Dueng…dueng… serasa ada gong di kepalaku. Aku sungguh tidak menyangka dia menjawab dengan lugu dan alasan yang sangat sederhana. “Hmm, iya ya.. ntar petani muda yang bikin kebun strawberry di bedugul, pindah jadi adsenser”

Ceritanya, ada kelompok petani muda di bedugul yang melek internet, mencari info memasarkan strawberry, dll. Itu jaman dulu, ketika di internet, adsenser dan marketing online gak wabah kaya sekarang. Kalau si petani ituh udah tau, alamak pasti pengen ngikut brokencode, budi putra, baladika, dll. hehe…

Ngeri juga kalau semua anak muda pengen jadi seleb dunia net ini. Lalu siapa yang mau bikin tahu tempe untuk makan siang, pagi, dan malamku? Siapa yang bikinin terasi, bumbu penyedap tersedap di dunia itu? siapa…siapa…yang..

Wadow, aku kena baby blues syndrome lagi.. meracau dan mendayu-dayu memikirkan masa depan anakku nanti.

20 thoughts on “Anakku, Jangan Jadi Tukang IT ya”

  1. bunda cup2 mmuah,

    kalo bani jadi hacker kan asik. dia bs jadi robin hood ala dunia maia, eh, maya. tp dia ngehack jg pas lg istirahat abis macul di sawah kita di karangasem. hehehe..

    mmmmmmmuah!

  2. Yups….seneng2 di dunia IT emang mengasyikkan… tapi ak seneng klo semua bidang bisa dipelajari, dari macul di Nusa Penida, Ngangon Sapi di Abian, n Mitik Ayam di Kandang….

  3. widari: ng-hac (baca: menebar pesona) cewek aja deh.

    dek didi: oya, hebat. ntar saya pesen cabe sekilo bli. seken ne

    arie: mengotrol itu bukan pekerjaan mudah.

    ervie: dija tanah kamu vie? manen uang di sindo? hehe

    uyax: hebat uyax… pria (wanita?) masa depan

  4. realylife: wadow, masih adakah yang mikirin negeri? negeri kitakah maksudnya? hehe. semoga bani kaya bli realylife yang tampan dan berakhlak. huaha…

    devari: bani sing nyak ngalain gumi bali. bukannya takut jadi perantau. nyanan onyangan ngalain, nyen ngubuh abianne? ben, pidan bani ngelah abian??? *pengeng ndase mikir abian

    winyo: sori, no time for transnational coorp. *Phuihh..jeg ajum sajan bani (men bani maksudne)

  5. berkat ibu lode, saya migrasi ke wordpress.tapi masih seadanya..

    buat bani, jadi apa aja bisa deh, jadi dokter juga bukan jaminan sebuah kebaikan walaupun kelihatannya nolong orang..yang penting bani nanti kalo udah gede harus “bani” (bahasa balinya berani kan?) bersikap dan berprinsip untuk selalu bisa juga memberikan kedua tangannya sekali dua kali kalau bisa sering kali buat teman, lingkungan dan si Dia di atas..walah, kok jadi seriusss amat.

    udah, bani sekarang yang penting jangan bandel dan nyusahin bunda lode dan ayah anton dulu yaaaaaa…

  6. blogdokter: wah, menjanjikan sekalee, dok. saya titip bani untuk didik jadi dokter plus programmer ma anda. plizzzzzzz…..

    dokter oka negara: denger dokter oks ya nak. udah terbukti dokter baik, berbudi luhur, sosial. tapi jangan tiru njomblonya, yang kebangetan deh….

  7. makanya bani jadi tukang IT aja. tukang IT jarang yang njomblo lo hehehehe … kan bisa sering chat jadi bisa pdkt ama cewek lewat YM ato gtalk. ayo bani, jadi tukang IT aja …

    *kaburrrrr*

  8. winyo: kayanya bani gak punya gen jadi jomblowan. ayahnya aja greng gitu… huahahuaha..

    ady gondronk: petani yang nyangkul di blog, okeh2 ajah. sing ngelah abian soalne bli.

  9. Dik, Bli Bani yang kmaren maen kerumah dah punya cita2 jadi hacker. trus Adik Mirah mo jadi apa ? ssst… si kecil bengong Mbok, ditanya begitu… trus dengan muka yang seperti minta mimik… dia bilang… Ngooeeekkk….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *