Pilih Bazar Mekdi atau Ini?




Terima kasih atas kontribusinya pada Anugerah Jurnalisme Warga 2018. Saran dan masukan atas #BazarSembako ini mohon dikirim ke kabar@balebengong.id atau kirim pesan lewat akun twitter/ig @balebengong.

Selamat menikmati pangan lokal berkualitas dari sekitar kita. Semua produk dalam satuan terus tersedia di Kios Balebengong.

Beras Merah Umawali-Tabanan

Hama tikus terkendali dan petani Dusun Pagi senyum lagi. Beras merah dari bibit lokal berkualitas dan burung hantu adalah pemandangan indah di desa kecil ini.

Silakan berkunjung ke Dusun Pagi, Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Tabanan. Sekitar 2 jam dari Kota Denpasar. Saat malam, hiasan burung-burung hantu mengeluarkan pendar cahaya dari lampu di dalamnya.

Burung hantu adalah predator alami hama tikus yang membuat hasil panen sengkarut. Beras merah dipanen enam bulan sekali. Dusun ini juga baru memulai meninggalkan asupan kimiawi.

Garam laut Amed-Karangasem

Pada abad ke-15 Raja Karangasem yang pertama meminta masyarakat Amed untuk meminta upeti berupa garam.

Artinya garam Amed dari jaman tersebut sudah memiliki kualitas yang bagus. Namun
saat ini kondisi garam Amed sangat memprihatinkan, lahan garam sudah menyusut oleh pesatnya pembangunan pariwisata.

Namun masih ada kurang dari 25 KK petani garam yang terus menghidupkan warisan Amed dengan cara tradisional. Cara yang membuatnya kaya nutrisi dan tidak mengandung logam.

Kios Balebengong adalah etalase, anda bisa kontak langsung petani dan pengerajinnya jika memerlukan. Karena itu membutuhkan dukunganmu untuk meningkatkan misi kios serta meningkatkan kualitasnya. Kontak kami ya.

Gula merah dusun Besan, Dawan-Klungkung

Gula merah yang berbahan baku nira kelapa oleh para petani di Desa Besan, Kecamatan Dawan, Klungkung. Pembuatan gula merah ini masih dengan cara tradisional yaitu menggunakan kayu bakar dan tungku tanah serta tanpa campuran bahan pengawet.

Lengis Nyuhtebel-Karangasem

Minyak goreng dari olahan kelapa ini dilakukan sejumlah pengerajin di desa dengan sejarah kebun Kelapa lebat, Nyuhtebel, Karangasem. Mereka ingin merevitalisasi kebun kelapa ini dengan mengolahnya, di tengah gempuran minyak sawit.

Dewi umbi
Kue-kue ini dibuat dari beberapa jenis umbi, ubi kayu (singkong), ubi jalar, ubi ungu, dan talas. Pembuat kue-kue berbahan umbi ini adalah para perempuan yang memiliki kepedulian dengan pangan lokal, berkomitmen mengurangi ketergantungan pada terigu dan beras (yang angka impornya sangat tinggi).

Anugerah Jurnalisme Warga (AJW) adalah program tahunan Balebengong, media jurnalisme warga yang berdiri sejak 2007.
Tahun ini memberikan apresiasi pada warga yang akan mendokumentasikan suara-suara dari akar rumput. Kabar dari Akar.

Liputan mendalam, disajikan dalam multiplatform. Anda juga bisa mewartakan kabar dengan mengirimkan cerita sekitar kita, foto, atau video pendek ke: kabar@balebengong.id.
Karena NO NEUUS WITHOUT U. Tiada kabar tanpa kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *